Selasa, 03 November 2015

Video Pasca operasi ACL Ligament Minggu ke-1 (1a)

Pada tulisan sebelumnya saya sudah mengulas tentang pentingnya fisioterapi pasca operasi ACL Ligament. Fisioterapi sangat penting untuk mengembalikan fungsi dan kekuatan kaki. Tertama bagian otot. Kaki yang tidak sering dilatih sebenarnya tidak akan memberikan resiko apa-apa. Hanya saja akan memperlambat masa penyembuhan dan kestabilan kaki. Logikanya kamu bisa berjalan dalam waktu empat minggu, tanpa fisioterapi tentu akan lebih lama.

Dan yang perlu diingat, fisioterapi yang saya rasakan di Rumah Sakit hanya sebagai pemantik untuk selalu saya terapkan di rumah. Apa yang kamu lakukan saat terapi di Rumah Sakit, sebenarnya atau sangat bisa kamu lakukan di rumah. Terapis di Rumah Sakit hanya membantu dan mengarahkan untuk program-program terapi yang harus kamu jalani pada minggu satu, dua dan tiga. Selebih ya harus dilanjutkan sendiri di rumah.

Dalam beberapa proses terapi di Rumah Sakit, tentu ada beberapa terapi yang tidak dapat saya lakukan sendiri. seperti bagian menekuk kaki dengan bantuan seseorang untuk menahan agar tidak terkesan dipaksakan, maka dalam hal ini kamu dapat menagajak saudara atau siapapun untuk menghafalkan "cara" terapi tersebut kemudian dia dapat mempraktekkannya di rumah.

Kalau saya ada adik perempuan. Dia telaten untuk bisa menghafalkan gerakan-gerakan dari terapisnya. Selebihnya, adik saya yang menjadi terapis jadi-jadian di rumah. Gerakannya tidak sulit kok. Kalau kamu pernah pijit, ya rasa dan caranya sebelas dua belas lah.



Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan mempermudah mendemostrasikan cara penguatan kaki kamu di rumah, kamu dapat download video berikut. Video ini lengkap dengan program pada minggu pertama pasca operasi hingga proses berjalan. Jadi sabar aja. Ga usah buru-buru. Dinikmati sambil dipraktekkan saja. Bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar