Minggu, 28 Juni 2015

Hari H operasi ACL Ligament (4)

Tindakan operasi lutut saya baru dilakukan pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2015 di RS. M.Jamil Padang. Operasi dilakukan dibawah kendali dr.Rizki Sp.Ot dan residennya dr.Yonzi. Seingat saya, operasi berlansung cukup lama dan banyak memakan waktu. Dari perkiraan awal, operasi dijadwalkan hanya berlansung selama 2 (dua) jam saja. Konkritnya, saya memasuki ruang operasi pukul 08.30 WIB dan baru bisa meninggalkan ruang operasi pada pukul 12.30 WIB. Seusai operasi saya didorong dengan kasur rawat menuju ruang inap Ambun Pagi.

Dalam keadaan setengah sadar, saya masih bisa melihat dan berkomunikasi sejara normal. Tapi masih berasa melayang. Seingat saya, dokter bius di ruang operasi tidak membius badan saya secara total, cuma bagian kaki ke bawah katanya. Tapi tetap saja efek biusnya saya rasakan total di seluruh badan. Sebelum dibius di atas meja operasi, saya masih sempat ngobrol dan ketawa cekikikan dengan sejumlah dokter dan residen disana. Ceritanya ngalor-ngidul. Dari persoalan ksehatan hingga ke wilayah privasi. Semuanya dibahas dalam konsep komedi singkat. Setelah saya pikir-pikir, itu hanya trik dokter bius itu saja, agar tubuh saya menjadi lebih rileks sebelum dioperasi.

Setelah beberapa suntikan menghujan di beberapa titik badan saya, terutama bagian punggung, lambat laun saya merasa tenang dan hilang. Tidak ada lagi suara yang bisa saya dengarkan. Tidak ada lagi rasa nyeri akibat tusukan jarum suntik. Semuanya terasa tenang lalu terdiam.

Hebatnya ditengah operasi masih berlansung, tiba-tiba saya terbangun. Mata saya dihujani cahaya yang memantul dari arah lampu ruang operasi. Beberapa saat kemudian saya sadar bahwa saya masih di ruang operasi dan proses operasi masih berlansung. Tapi jangan salah paham dulu, meskipun saya terbangun dan sadar 40%, tetap saja saya tidak merasakan apapun selalin sialu dan rasa dingin. Saya hanya bisa menggerakkan tangan dan badan bagian atas saja. Selebihnya saya rasa masih dalam efek bius.


Lebih hebatnya lagi, selama saya tersadar, saya sempat liat bagaimana proses operasi berlansung. Tapi bukan secara lansung. Saya lihat melalui kamera yang dipasang di sisi sebelah kiri saya. Layarnya sebesar 14inc. Saya juga kurang mengerti apa maksud dari tayangan yang ditampilkan di layar sebelah saya. Tayangannya bukan sosok dokter yang sedang mengoperasi, bukan. Itu tayangan yang menunjukkan proses kerja alat yang dimasukkan ke dalam lutut saya. Semisal teropong. Jadi teropong itu memnatau seluruh proses kerja operasi. Pokoknya gitu deh. Dibayangin aja sendiri. Ga sakit kok.

Hal yang tak kalah penting disini adalah mencukur bulu kaki. Dicukur aja sampai licin. Terutama sebatang kaki yang mengalami cidera. Kalau saya sih, mending dicukur dua batang kaki sekaligus. Biar ga aneh. Kalau dicukur sebatang kaki, yang satunya polos dan tapi yang satunya berbulu. Wahh.. ga oke banget. Itu tujuannya biar steril kata dokternya. Biar tidak ada bulu-bulu kaki yang melekat atau mengganggu saat operasi berlansung. Makanya harus dicukur licin. Dan mencukur yang seperti ini baru pertama saya lakukan seumur hidup lho. Bayangin aja, dua batang kaki dicukur licin semua. Saya menghabiskan waktu hampir 2 jam untuk mencukur saja, belum mandinya setelah itu. Kalau saran saya, selain cukur rata bagian kaki, bulu kemaluan Mr.P atau Ms.V sekalian dicukur aja. Terserah mau licin atau ga licin. Yang penting dirapiin aja. Biar terliaht ganteng atau cantik. Asal tau aja, bagian itu nanti akan mendapat sentuhan dan dilihat lansung oleh dokter saat operasi dan perawat setelah operasi. Tujuannya untuk melancarkan buang air kecil melalui selang kecil yang disalurkan ke tempat pembuangan yang sudah disiapkan. Jadi daripada ga enak dilihat, mending dirapiin aja, bersambung.. (..)

5 komentar:

  1. Operasinya sakit ga tu om?

    BalasHapus
  2. Ga sakit mas, kan dibius.
    Jadi ga usah takut.

    BalasHapus
  3. Mas mau tanya, itu biaya operasinya sepenuhnya gratis apa bayar dl br diklaimkan ya?

    BalasHapus
  4. mas pasca op hari ke 3 mas fisio nya di paksa nekuk ? soalnya saya op nya bermasalah malah jadi parah infeksi

    BalasHapus
  5. Silahkan lanjutkan komunikasi lewat email saja fadhli_bull@yahoo.co.id

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar